Minggu, 27 April 2014

Anak kos: Bad Habit


Sejak ngejalanin hidup sebagai anak kuliahan, anak kos juga pastinya, rasanya buanyak banget ketidakaturan di keseharianku. Aku sih enjoy-enjoy aja sama semuanya, tapi aku juga sadar kalo itu bukan hal yang baik sebenernya.


Mulai awal OSMARU dulu, alias OSPEK versinya UNS, aku udah mulai ngerasa hal yang sangat beda dari kehidupan normalku awalnya. Aku yang selama 18 tahun hidup di zona aman, selalu dirumah, kemana-mana minta dianter, diawasin terus, harus mulai hidup sendiri, jauh dari bantuan siapapun. Seminggu sebelum osmaru dimulai aku udah pindahan ke kosan, Bunaken namanya, dan mulai hari itu pula aku ditinggal keluargaku untuk mulai tinggal di Bunaken yang waktu itu masih sepi penghuni.

Sepi.. Aku engga kenal siapapun disana.. Aku udah harus mulai pergi ke kampusku, FISIP UNS, buat nyiapin tetek bengek osmaru saat itu. Entahlah kenapa FISIP rajin banget H-7 udah share tugas osmaru,  padahal fakultas lain belum ada kabar apapun. Itulah kenapa kampus masih sangat sepi, kecuali FISIP. Capek. Aku harus pulang pergi kampus jalan kaki karena aku engga difasilitasi transport dan engga ada temen yang aku kenal buat aku tebengin. Panas. Iya, aku baru tahu panasnya Solo saat  aku mulai kos disana. Fuh, bahagianya aku yang dulu hidup di kampung sana.

Ternyata tugas osmaru itu menggila, jauh dari apa yang aku pikir sebelumnya. Tugas osmaru menyita banyak waktuku. Mulai pagi, sampai malam hari, jam 8 malem muterin FISIP ngehindarin satpam demi bikin sepetak peta fakultas, lanjut bikin tugas sampai lewat tengah malem di rumah Huma. Jam  11 malem pulang dari warnet, jalan sendirian, padahal aku belum paham jalan, untunglah aku sampai kos selamat, walaupun aku kehilangan flashdisk kesayanganku. Tuhan, kehidupan macam apa ini? Aku, normalnya, keluar rumah sore aja engga boleh, atau harus ditemenin bapak, tapi waktu itu.. Bener-bener bukan seperti kehidupanku.

Tapi untung aku punya temen sekelompok osmaru yang baik-baik banget. Saling ngebantu. Aku yang awalnya bingung bagaimana caranya aku survive nyari segala macem tugas ospek, tapi akhirnya ada bantuan-bantuan yang dating dari mereka. Cinta banget deh sama BERANI :3

Lantaran kebiasaan pulang malem waktu osmaru itu aku jadi keterusan suka keluar malem. Main sama anak-anak Berani, pulang larut malem, dan aku sangaaat enjoy akan hal itu. Aku seneng banget empu kos ku engga matok jam malem, jadi mau main sampai jam berapapun bebas, pulang tinggal buka gerbang sendiri. Kebiasaan itupun menggila setelah aku kenal Haidar, Tendi, Ganang, Asti sama Candra. Kita ber-enam hobi banget keluar malem, padahal juga cuma nongkrong di boulevard atau di burjo kabut. Kalo sama mereka, bukannya pulang malem, tapi bahkan pulang pagi. Engga peduli bakalan ada Ujian apa engga, yang penting main sampe engga kerasa udah pagi aja.

Dulu waktu awal ngekos rajin banget, berapa hari sekali ngepel kamar, piket ngepel kosan, bikin kopi tiap pagi, masak nasi sendiri, lauknya beli, jadi jauh lebih irit. Tapi itu dulu. Sejak udah kenal yang namanya keluyuran, jangankan masak, sekedar nyapu kamar aja males soalnya lebih sering diluar daripada di kosan. Kos cuma sekedar  jadi tempat numpang tidur sama mandi. Makan pun juga selalu diluar, kalo udah di kosan dan belum makan, yaudah engga makan sekalian, dan kebiasaan itu yang bikin aku akhhirnya mulai kena maag kayaknya

Sejak suka keluyuran pula aku jadi boros banget. Tiap main ambil uang di ATM, pengen apa langsung beli pake duit di ATM. Sampai akhirnya ga kerasa ternyata uang beasiswa semester 1 hampir habis ga bersisa L Engga cuma keuangan, badanpun jadi engga karuan gara-gara hobi ngeluyur. Badan jadi gendut banget, tergendut dari yang pernah aku alamin. Pulang malem dan menu makanan burjo langganan yang serba telur bikin muka break out banget. Jerawat juga muncul, terparah dari yang pernah aku alamin.  Jerawat udah banyak nyita uang, perawatan lah, beli obat ini itu lah, sampe sekarang masih suka nyesel kenapa banyak banget duit yang keluar gara-gara jerawat. Fuh!

Sejak punya pacar di Solo Alhamdulillah akhirnya kehidupan rasanya baikan di perantauan ini. Ada yang nemenin nyuwung, ada yang nemenin makan, nemenin pulang pergi kampus. Iya, aku mulai ketergantuangan sama Haidar. Kalo engga diajak makan ya engga makan, kalo engga diajak keluar bisa suntuk sampe uring-uringan di kosan. Hal yang paling parah dari itu adalah akhirnya aku sempet kena infeksi lambung, gara-gara pola makan emang ga kekontrol banget. Kalo engga makan sama Haidar, aku palingan cuma masak mie instan dan sehari cuma makan sekali itu doang, dan bisa berulang sampai 3 hari dalam seminggu. Mengenaskan.

Tapi sekarang lambat laun semua mulai agak netral. Sekarang jarang banget pulang larut, jam 8 malem udah ada di kosan. Bisa tidur lebih lama. Jerawat pun lambat laun makin ilang. Menu makan sekarang juga selalu ngehindarin telur. Keuangan mulai ditata lagi, pengen apa mikirnya lamaaaa banget mau beli apa engga. Mau main kemana juga mikir dulu kalo kiranya bakalan ngehabisin banyak duit. Pokoknya harus nabung biar wishlist bisa keturutan semester depan.

Tapi entahlah, semenjak aku kena infeki lambung itu sampai sekarang pola makanku belum teratur. Makan banyakan dikit langsung kebelet, makanya jadi suka males makan. Sehari makan sekali doang sekarang. Engga ada sarapan, engga ada makan siang, engga ada makan malem, adanya makan sore. Bad habit sih emang, tapi semoga ga nimbulin masalah kesehatan lagi sih. Amin..

Udah sih segitu aja sharenya kali ini. See ya!

- Ratna Analisa -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar