Selasa, 15 April 2014

Cuci Film sendiri lebih greget

Kalo biasanya cuci cetak roll film negatif kita serahin ke tukangnya, kali ini sebagai anak FFC (FISIP Fotografi Club) UNS kita cuci cetak sendiri dong yeay /sorak/. Greget banget loh ternyata, ribet-ribet asyik gimanaaa gitu.



Emang udah jadi program wajib FFC nih, setelah hunting besar BW FFC selalu ada agenda buat cuci cetak foto sendiri. Yups, seminggu yang lalu kita hunting ga pake kamera digital, tapi pake kamera analog (SLR / masih pake roll film) dan hari ini semua keribetan dimulai!

Seminggu ini rencananya bakalan nyelesain proses cuci cetak film, dimulai hari ini jam 14.00 kita cuci roll filmya.

Iya sih jam 14.00 'rencananya', dateng ke sekre on time, eh lupa kalo jamnya FFC itu jam 14.00 berarti jam 15.00 dan bener loh, jam 15.00 baru bener-bener mulai.

Hari ini tadi yang dateng cuma dikit, tapi kelompokku lumayan lah, ada Haidar, mas Sigit, mas IG, mbak Monik, sama Avi. Karena ternyata jumbo tank (wadah rell film waktu nyuci film pake obat) dan rell film (tenpat film setelah dikeluarin dari selongsongnya) jumlahnya terbatas makanya mas IG sebagai kapok (ketua kelompok) segera bergegas antri buat nyuci film. Yuhuu, kita dapet kloter kedua!

Antri jumbo tank sama rell film itu lamaaa, musti nunggu 30 menit wajarnya, belum kalo ditengah proses pada disambi ini itu. Akhirnya kloter pertama kelar, dan mas IG sama mas Sigit langsung cuss ke kamar gelap buat mindahin roll negatif ke rell film sama jumbo tank. Sebenernya sih pengen ikut ke kamar gelap nyobain caranya, tapi udah ada lumayan banyak orang, daripada sesek nafas di dalem, mending gausah aja.
Mas IG dan mas Sigit pun keluar kamar gelap dengan nafas ngap-ngapan dan badan keringetan /senyum lega untung gajadi ikutan/. Terus kita bikin obatnya, nyampurin Acifix (obat buat madetin film) dan Micro MF (pengembang film) ke air aqua. Udah ditakerin sama mas Kembar dan mas Arkhan nih, dijamin aman takeran obatnya.

Lets work! Air ampuran Micro MF kita masukin ke jumbo tank. Dikocok-kocok deh, eh airnya tumpah -___- Yang cowok pikirannya udah pada kemana-mana, dikocok, tumpah, aduuuuh, aku nyambung sih tapi ya hening aja karena aku cewek sendiri diantara mereka :')

Dikocok tiap 1 menit, didiemin 1 menit, dan diulang terus sampe 10 menit.
Waktu udah 10 menit, air di dalem jumbo tank nampaknya udah abis, ya kali jumbo tanknya bocor, airnya tumpah semua.

Proses selanjutnya kita buang air Micro MF, lalu kita masukin air Acifix. Dikocok dengan aturan yang sama /gamau ngimajinasi/.

Nakutin banget sih, jumbo tanknya bocor, air obatnya tumpah, entah bakalan jadi apa engga filmnya :' Padahal dalem jumbo tank itu ada 2 roll film sekaligus, sedih banget ga sih kalo semuanya ternyata ga jadi dan kebakar :' /nangis di pojokan/.

Setelah dua proses itu kita masukin air bersih dan dikocok sebentar. Saat mendebarkan tibaaaa. Kita buka jumbo tanknyaaaa. Aaaaaaa. Apa yang terjadi :"

Yeay! Ternyta sukses :D lalalaaaa!

Film kita berhasil berubah jadi positif :D
Emang sih lumayan banyak foto yang kebakar, tapi itu kesalahan waktu hunting bukan waktu cuci film :D
/selebrasi/
Dan akhirnyaaaa kita kita pajang film kita di sekre :') /terharu/

Jatah roll tiap kelompok sebenernya 3, tapi nyatanya cuma kelompokku yang pake semua jatahnya. Masih ada satu roll lagi yang musti dicuci. Karena udah jam 17.00 dan pak satpam udah mulai berkeliaran ngunci pintu-pintu, mas-mbak FFC mutusin buat lanjutin besok aja.
Jadi besok masih harus ke sekre lagi buat nyuci film lagi. Gitu.

Greget banget deh! Ribet yang membahagiakan :')
Pengalaman baru juga nih, nambah pengetahuan :3 /pegang kaca mata/.

Udah dulu, karena udah malem aku mau bobok. Muah.

- Ratna Analisa -
Sent from my BlackBerry® via Smartfren EVDO Network











Tidak ada komentar:

Posting Komentar